BUAT PARA GURU, BERIKUT LIMA CARA SUKSES MENJADI GURU KREATIF

Assalamualaikum Warrahmatulllahi Wabbarakatuh
Sinarberita.com – Selamat pagi dan selamat beraktifitas kembali. Pada kesempatan kali ini sinarberita.com kembali akan berbagi dengan rekan pengunjung khususnya rekan-rekan guru pengajar dan pendidik diseluruh satuan pendidikan ditanah air.
Guru adalah seseorang yang teramat sangat penting posisinya untuk kemajuan sebuah pendidikan. Oleh karena itu diperlukan seorang guru yang berkualitas agar sistem pendidikan pun ikut berkualitas. Guru yang berkualitas adalah mereka yang memiliki cara – cara hebat dan selalu berfikir kreatif dalam mengembangkan suatu ide agar pembelajarannya menjadi optimal dan memperoleh hasil yang diinginkan.
Hasil gambar untuk tips menjadi guru kreatif
Gambar Ilustrasi
Di bawah akan sedikit saya paparkan tentang tips bagaimana caranya agar bisa menjadi seorang guru yang kreatif :
1. Be Confidence

Mustahil bagi seorang guru yang ingin menjadi guru kreatif namun enggan untuk menjadi pribadi yang selalu percaya diri dengan apa yang dimilikinya. Kepercayaan diri ini adalah salah satu kunci agar dia bisa menjadi guru kreatif. Coba bayangkan jika ada seorang guru yang memiliki ide untuk membuat suatu model pembelajaran baru, namun dia tidak percaya diri dengan ide yang dimilikinya. Pastinya akan memberikan suatu bentuk keraguan dalam diri guru tersebut, yang pada akhirnya sang guru pun membatalkan untuk mempergunakan model tersebut tanpa berusaha untuk mencobanya terlebih dahulu. Konidisi ini tentu akan terus berulang jika sifat buruk ini terus di tanam, bahkan terkadang bisa membuat dirinya menjadi guru tipikal pesimistis yang teramat sangat merugikan dirinya.
2. Be Inofative

Bagi seorang guru kreatif, berinofasi adalah suatu bentuk keharusan. Dengan berinofasi dia bisa menciptakan sesuatu yang baru yang tentunya untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajarannya. Memang akan sangat sulit untuk dilakukan, namun jika ada niat yang kuat segala bentuk kesulitan pasti akan mampu dilewati.
Kebaharuan dalam rangka meningkatkan rasio keberhasilan belajar bisa dilakukan dengan berbagai cara oleh seorang guru, bisa dari segi modelnya, medianya atau juga cara penyampaiannya. Perlu adanya sedikit polesan dari sang guru sehingga apa yang dikembangkannya bisa maksimal. Dan jika ini berhasil dilakukan maka bersiap – siaplah untuk menciptakan generasi penerus yang hebat dan berkualitas.
3. Penyampaian materi yang mudah dimengerti siswa

Guru adalah orang yang bertanggung jawab untuk mentransfer ilmu kepada orang lain, dalam hal ini adalah siswa dan dia juga harus mampu menyampaikan materi yang diajarkannya kepada anak didiknya secara gamblang dan tentunya mudah dimengerti. Kemudahan siswa dalam menerima materi tentu akan menhasilkan sesuatu yang positif, karena siswa tidak perlu bekerja lebih ekstra untuk belajar. Toh dasar ilmunya sudah disampaikan, tinggal siswanya sendiri yang memperdalam. Namun demikian, tidak mudah memang agar materi bisa tersampaikan dan mudah diterima oleh para siswa, disinilah perlu adanya kekreatifan sang guru dalam menyampaikan materi.
4. Terus Belajar

Belajar adalah salah satu kewajiban bagi semua orang. Anak kecil yang baru lahir sampai mereka yang tua renta pun tetap harus belajar. Seorang bayi yang pada saat kecil belum mampu berjalan mau tidak mau harus belajar agar nantinya dia bisa berjalan. Apalagi mereka seorang guru, mereka lebih wajib lagi untuk belajar. Belajar untuk bisa meningkatkan kualitas yang ada pada dirinya. Seorang guru yang tidak mau mengembangkan atas apa yang dimilikinya tentu akan sangat sulit sekali untuk maju, terlebih lagi jadi guru kreatif. Dengan terus belajar dan belajar, sang guru akan bertambah wawasannya sehingga akan muncul banyak ide untuk mengembangkan suatu bentuk kegiatan pembelajaran yang berkualitas.
5. Kooperatif

Manusia adalah makhluk sosial, mereka akan kesulitan dalam menjalankan kehidupan tanpa bantuan orang lain. Bagi seorang guru untuk mampu mencapai apa yang ingin ditargetkannya, dalam hal ini kesuksesan pembelajaran tentu sang guru butuh bantuan orang lain. Bantuannya bisa dari rekan kerja, sekolah, orang tua atau bahkan dengan anak didiknya sendiri. Diharapkan dengan bekerjasama dengan mereka, guru mampu memudahkan tujuan yang telah direncanakannya. 
(Sumber : idekreatifguru)

Download Aplikasi SUMBER INFORMASI PGRI di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terbaru Seputar Pendidikan dan Profesi Keguruan Setiap Hari, Silakan Instal Aplikasinya https://play.google.com/store/apps/SumberInformasiPgri

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.sinarberita.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

About Author:

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *